Miliki Betis ramping dengan latihan

Miliki Betis ramping dengan latihan,- Lemak tak hanya suka ngendon di perut atau pinggul, bahkan kaki juga menjadi sasarannya. Resikonya membawa banyak lemak di tubuh adalah memperlambat aktivitas Anda dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Satu-satunya cara adalah mengikis lemak di tubuh, dan apabila Anda menyadari bahwa keluhan lemak di area kaki, terutama paha dan betis, Anda bisa mencoba cara ini dan memiliki kembali kaki kencang dan indah Anda (baca juga: cara mudah ngecilin paha).

Cara Mengecilkan Betis dengan gerakan High Lunge


 Cara mengecilkan betis dengan gerkan high lunge diambil dari gerkan olahraga yoga yang bisa melatih kelenturan otot tubuh. Betis yang membesar bisa dikerenakan otot yang keras dan membesar hasil dari latihan yang menggunakan beban berat. Betis besar dengan kasus seperti dapat dilenturkan kembali otot-ototnya melalu gerakan-gerakan yoga dan salah satunnya adalah gerkan high lunge. Cara mengecilkan betis memang sangat beragam jenisnya, termasuk gerakn high lunge yang akan dibahas pada artikel ini.

Gerakan high lunge merupakan gerakan atau pose dalam olahraga yoga yang menyerupai pose hewan kerbau atau kambing saat akan menyeruduk musuhnya. Dalam gerakan ini, otot kaki akan ditarik sejauh mungkin ke belakang tubuh sehingga lama-kelamaan otot kaki terutama betis akan lentur. Laman yogajournal.com membagi tentang langkah-langkah melakukan gerkan atau pose high lunge sebagai berikut.

membentuk betis berotot

Gerakan high lunge dimulai dengan berdiri tegak sambil mengatur nafas. Setelah itu, gerakan dilanjutkan denagn menekuk lutut kanan dan menarik kaki kiri ke belakang tubuh hingga tinggal bagian dibawah jari kaki saja yang menempel pada matras. Kaki kiri sebaiknya ditarik sejauh mungkin ke belakang sampai lutut kanan membentuk sudut yang sempurna.

Baca Juga Tips Diet Sehat Berikut:
  1. Panduan Mendapatkan Berat Badan Ideal 
  2. Panduan Mengecilkan Lengan Secara Alami 
  3. Panduan Mengecilkan Betis Secara Alami 
  4. Panduan Mengecilkan Perut Secara Alami 
  5. Panduan Mengecilkan Paha Secara Alami

Lalu, gerakan selanjutnya adalah membungkukkan badan ke arah lutut dan meletakkan beban tubuh pada lutut dan paha. Pada posisi ini, kedua tangan berada di samping lutut dan kepala menghadap lurus ke depan. Setelah posisi ini tercapai, maka tahan selam 30 detik sebelum mengganti kaki kanan ke belakang tubuh.


Cara mengecilkan Betis dengan Gerakan Extended Hand To-Big-Toe


Gerakan extended hand to-big-toe merupakan pose untuk melatih kelunturan otot tubuh, termasuk betis sehingga bisa dikategorikan sebagai cara mengecilkan betis yang efektif. Gerakan atau pose ini sebenarnya diadaptasi dari gerkan olahraga yoga. Cara mengecilkan betis dengan gerakan extended hand to-big-toe sekilas terlihat sederhana, namun pose ini sangat membutuhkan konsentrasi dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Gerakan extended hand to-big-toe menitikkan berat tubuh pada satu kaki. Dalam gerakan ini tidak hanya otot betis yang terlatih kelenturannya, namun juga otot punggung dan tangan. Laman yogajournal.com menjelaskan tentang cara melakukan pose extended hand to-big-toe sebagai berikut.

Gerakan pertama diawali dengan berdiri tegak sambil mengatur nafas terlebih dahulu. Setelah itu, gerakan dilanjutkan dengan mengangkat kaki kiri hingga dekat dengan perut. Lalu, gerkan dilanjutkan dengan merangkul paha kaki kiri dengan tangan kiri dan perlahan-lahan mengarahkan tangan kiri untuk menahan bagian depan pada telapak kaki.

Jika posisi tersebut telah berhasil terpenuhi, maka gerakan selanjutnya adalah mengambil nafas sambil merentangkan kaki kiri sejauh mungkin ke atas. Pada posisi ini tangan kiri tetap memegang telapak kaki kiri. Mengatur nafas merupakan kunci agar berhasil melakukan gerakn ini dengan seimbang. Kemudian, tahan posisi ini selama 30 detik, lalu mengambil nafas dan perlahan-lahan mengayunkan kaki kiri kembali mendekati perut hingga kembali pada posisi sebelummya. Jika kaki kira telah kembali menyentuh lantai, maka gerkan yang sama bisa diulangi pada kaki kanan.

Cara Mengecilkan Betis dengan Gerakan Gate Pose


Salah satu gerakan yoga yang bisa digunakan sebagai cara mengecilkan betis adalah gate pose. Dalam gerakan ini, otot betis akan dilatih kelenturannya sehingga betis besar yang berotot berangsur-angsur akan mengecil dengan melakukan gerakan gate pose ini. Olahraga yoga adalah latihan melenturkan tubuh yang bisa menjadi salah satu alternative pilihan cara mengecilkan betis yang menarik untuk dicoba.

Sebagian besar gerakan yoga umumnya melatih kelenturan otot kaki dan punggung. Dalam gerakan gate pose ini, otot betis akan ditarik dan dilatih kelenturannya sehingga efektif untuk membuat betis langsing dan kencang. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan gerakan gate pose yang dilansir dari laman yogajournal.com.

menghilangkan lemak betis dengan mudah

Gerakan gate pose dimulai dengan posisi berlutut sambil mengatur pernafasan. Lalu, dengan perlahan-lahan kaki kanan ditarentangkan ke samping tubuh selurus mungkin sehingga hanya tumit kaki yang menempel pada matras. Kemudian, langkah selanjutnya adalah mengangkat tangan kiri perlahan-lahan dari lantai hingga condong ke kanan. Pada posisi ini, tangan kiri berada di atas dengan tubuh yang ikut condong ke kanan. Telapak tangan kiri tersebut harus menghadap ke arah bawah.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menekan kaki kanan yang terlentang dengan tangan kanan berada di dearah bawah lutut. Jika posisi telah sempurna, maka tahanlah selama 30 detik sebelum mengganti kaki kiri yang direntangkan. Saat melakukan gerakan ini, akan terasa adanya tarikan otot betis dan juga otot punggung.

Cara Mengecilkan Betis dengan Gerakan Extended Triangle Pose

Gerakan triangle pose merupakan cara mengecilkan betis yang sudah cukup familiar dalam masyarakat. Gerakan ini sering dijumpai pada kegiatan pemanasan sebelum memulai suatu olahraga tertentu. Faktanya, gerakan triangle pose adalah gerakan yang diambil atau diadaptasi dari olahraga yoga. Dalam gerakan ini, otot betis sanagt dilatih kelenturannya sehingga cocok dilakukan sebagai cara mengecilkan betis yang patut dicoba.

Dalam laman yogajournal.com dijelaskan tentang langkah-langkah melakukan triangle pose dengan benar. Langkag pertama dimulai dengan berdiri tegak, kemudian merentangkan kaki hingga berjarak satu meter satu sama lain. Seletah itu, dengan perlahan-lahan mengarahkan telapak kaki kanan ke luar tubuh dan telapak kaki kiri ke dalam tubuh.

Langkah selanjutnya adalah mencondongkan tubuh ke arah kanan diikuti dengan mengangakat tangan kiri ke atas. Posisi kepala cenderung menghadap ke atas karena mata fokus melihat pada ibu jari tangan kanan. Setelah itu, gerkan selanjutnya adalah meletakkan tangan kanan pada kaki kanan di bagian mana saja asalkan tidak mengubah posisi tubuh yang condong ke kanan. Jika posisi ini telah tercapai maka tahanlah selama 30 detik hingga satu menit sebelum berganti pada sisi satunya.

Dalam gerkan ini, otot betis akan terasa ditarik untuk melatih kelenturannya. Ladies bisa mendownload video senam yoga untuk mempraktekkan gate pose di rumah. Namun, jika Ladies ingin hasil yang lebih maksimal maka melakukan senam yoga dengan ditemani instruktur akan lebih baik daripada melakukannya sendiri di rumah.

Cara Mengecilkan Betis dengan Gerakan Yoga 

Tahukah Ladies, yoga merupakan salah satu cara untuk mengecilkan betis yang membesar. Selain dapat membuat tubuh rileks, gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga juga bermanfaat membentuk tubuh menjadi lebih proporsional. Salah satu manfaat dari gerakan yoga yaitu membantu untuk mengecilkan betis. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Ladies yang ingin mengecilkan betis untuk mempelajari gerakan-gerakan yoga tersebut.

Menurut wikihow.com, salah satu gerakan yoga yang efektif untuk mengecilkan betis adalah pose gerakan seperti posisi anjing. Gerakan ini bisa dimulai dengan membungkukkan badan kedepan dengan kedua kaki yang terbuka. Dalam membukuk ini, posisi kedua tangan berada di bawah bahu. Kemudian, letakkan kedua telapak tangan pada matras dan pusatkan berat tubuh pada telapak kaki. Lalu, angkatlah posisi pinggul setinggi mungkin sambil mengatur pernafasan pada perut.

Dalam melakukan gerakan ini, pastikan kedua siku berada di dekat telinga dan usahakan kedua posisi tumit sedekat mungkin dengan matras. Gerakan pose anjing ini berhasil dengan baik jika posisi tubuh mampu membentuk huruf V terbalik. Jika Ladies sudah berhasil melakukan pose tersebut, maka tahan posisi tersebut 25 sampai 30 detik sambil mengatur nafas. Lalu, ladies bisa merasakan adanya tarikan pada otot pada kedua kaki.

Gerakan dengan pose anjing ini merupakan gerakan dasar dari oseni mengolah tubuh yoga yang bisa Ladies lakukan baik pada saat pelatihan yoga ataupun dilakukan terpisaha saat berada di rumah. Satu hal yang sebaiknya Ladies perhatikan dalam melakukan gerakan ini yaitu usahakan kedua tumit sedekat mungkin dengan matras. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika tumit berada jauh dengan matras, betis malah akan menjadi besar.

Cara Mengecilkan Betis dengan Gerakan Wall Roll-Down

Cara mengecilkan betis dengan gerakan wall roll-down merupakan gerakan melenturkan badan yang diambil dari olahraga pilates. Gerakan wall roll-down merupakan salah satu gerkan pilates yang bertujuan untuk memperkecil bentuk betis yang besar dan juga melatih otot punggung. Gerakan ini sangat sederhana sehingga Ladies dapat melakukan sendiri di rumah pada saat waktu luang.

Dalam laman pilates.about.com dijelaskan tentang langkah-langkah melakukan wall rool-down yang baik. Gerakan wall roll-down dimulai dengan berdiri tegak bersandar pada tembok dengan kedua kaki maju sejauh 20 cm. Setelah itu, mengangkat kedua tangan lurus keatas dengan posisi siku berada dekat dengan telinga. Pada posisi ini, telapak tangan saling berhadapan ke dalam. Lalu, langkah ketiga yaitu menurunkan dagu hingga menyentuh dada bagian atas diikuti dengan leher, bahu dan tangan yang juga ikut membungkuk.

Langkah keempat adalah membungkukkan semakin ke bawah lagi dengan kedua tangan yang tetap lurus ke depan. Saat melakukan gerakan ini, sebaiknya dilakukan dengan berlahan-lahan dan posisi leher yang tetap rileks. Gerakan selanjutnya adalah membungkukkan punggung ke bawah sejauh mungkin dan merasakan tarikan otot pada punggung dan juga kedua kaki. Kemudian, angkat punggung berlahan-lahan selangkah demi selangkah pada posisi saat tubuh membungkuk hingga kembali berdiri sejajar pada tembok.

Ladies bisa melakukan gerakan wall roll-up tersebut selama beberapa menit di rumah untuk membentuk otot pada betis. Saat melakukan gerakan tersebut, sebaiknya pengaturan nafas juga harus diperhatikan agar otot tubuh tidak tegang sehingga menjadi lebih fleksibel.

Cara Mengecilkan Betis Berlemak dengan Menaiki Tangga

Menaiki tangga yang mungkin sudah biasa Ladies lakukan dalam kegiatan sehari-hari ternyata juga efektif sebagai cara mengecilkan betis yang berlemak. Betis yang membesar karena tumpukan lemak berbeda halnya dengan betis besar yang kersa berotot. Kegiatan menaiki tangga tentu tidak baik dilakukan jika betis membesar karena otot hasil latihan karena akan semakin memperbesar bentuk betis tersebut. Oleh karena itu cara mengecilkan betis dengan menaiki tangga hanya bekerja pada betis besar yang berlemak.

Cara mengecilkan betis dengan menaiki tangga juga diperkuat oleh artikel pada laman wikihow.com yang menjelaskan bahwa gerakan menaiki tangga, baik yang dilakukan dengan alat pada pusat kebugaran ataupun yang dilakukan pada kegiatan sehari-hari sangat baik dalam membuang lemak pada beis sekaligus membentuk otot betis menjadi lebih kencang.

Melihat manfaat yang diperoleh dari kegiatan menaiki tangga tersebut, ada baiknya Ladies sesekali memilih menggunakan tangga daripada elevator saat bekerja untuk mengurangi lemak pada betis. Selain menaiki tangga, olahraga berjalan menaiki bukit juga baik bagi betis yang berlemak. Olahraga menaiki bukit yang menanjak memiliki manfaat yang sama seperti kegiatan menaiki tangga.

Olahraga menaiki bukit selain dapat membakar lemak, Ladies juga bisa menghirup udara segar di pegunungan yang sedikit polusi sehingga baik bagi kesehatan. Namun, jika Ladies tidak sempat untuk pergi ke pinggiran kota untuk berjalan-jalan menaiki bukit, Ladies bisa memilih jalan yang sedikit menanjak pada rute harian saat berjalan. Berjalan pada jalan menanjak atau menaiki yangga selama 10 hingga 15 menit setiap harinya akan membuat betis Ladies semakin lansing dan kencang.

Oleh: Dina Putri Rahmadani (vemale.com)