Cara Alami Diet Ibu Hamil dengan Makanan Sehat

Ibu hamil memang membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin yang sedang dikandung, namun meski demikian bukan berarti ibu hamil harus makan sebanyak-banyaknya karena beranggapan apa yang dikonsumsi untuk dua orang. 

Ibu hamil pun disarankan untuk menjalani diet sehat dengan memilih makanan bernutrisi tinggi yang tepat agar efektif untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Beberapa nutrisi penting memang direkomendasikan secara speseifik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti misalnya asam folat yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan mencegah resiko cacat pada tabung syaraf dan tulang belakang. Lalu diet seperti apakah yang ideal untuk dijalani selama kehamilan? 

Olahraga Untuk Diet Sehat Ibu Hamil

Diet sehat yang dijalani selama masa kehamilan diyakini dapat meminimalisir resiko ibu mengalami obesitas maupun keracunan makanan yang mengandung zat tertentu yang membahayakan kehamilan. Dimana obesitas pada ibu hamil dapat memicu berbagai gangguan dan penyakit pada ibu hamil yang bisa beresiko pada kehamilan maupun kelahirannya nanti, diantaranya adalah resiko diabetes, tekanan darah tinggi, hingga gangguan fungsi jantung.

Baca Juga: Panduan Diet Sehat dengan Makanan dan Latihan Ringan di Rumah

Data dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, National Institute of Health, U.S. Departement of Health and Human Services, seperti dikutip situs Diet, menyebutkan bahwa berat badan untuk ibu hamil dikategorikan dalam tiga kelompok, yaitu:

Ø Kategori terlalu kurus jika memiliki berat badan 40 kilogram
Ø Kategori normal jika naik 11-15 kilogram (45-65 kilogram)
Ø Kategori obesitas jika naik lebih dari 15 kilogram

Lima Kelompok Makanan utama untuk Menjalankan Diet Sehat Selama Kehamilan 

1. Roti, seral, dan kentang, termasuk di dalamnya sarapan sereal, pasta atau nasi.

Jenis makanan ini termasuk dalam diet utama karbohidrat, dimana protein dan vitamin B dalam makanan rendah lemak sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

2. Varietas gandum juga direkomendasikan, karena banyak mengandung vitamin dan mineral, asam folat serta zat besi yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan.

3. Talur, kacang-kacangan, daging, ikan, dan ayam juga sangat dianjurkan karena kaya akan protein, vitamin dan mineral penting untuk ibu hamil.

4. Susu juga direkomendasikan karena mengandung banyak kalsium dan protein sehingga sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Secara umum, total energi yang dibutuhkan selama masa kehamilan diperkirakan mencapai 77.000 kkal. Meski demikian, pada kenyataannya kebutuhan kalori dari masing-masing ibu hamil tidak selalu sama, karena semua tergantung dari metabolisme tubuh, lemak, dan jenis aktivitas fisik yang dilakukan. 

Vitamin dan Suplemen Sehat Untuk Diet Ibu Hamil

Suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah asam folat, dengan rekomendasi 400mg per hari. Selain itu, ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin C, karena bisa meningkatkan penyerapan zat besi secara efektif. Salah satu contohnya adalah dengan mengkonsumsi segelas jus jeruk dan semangkuk sereal yang mengandung zat besi.

Makanan Untuk DIet Ibu Hamil

Selain itu, vitamin D juga penting untuk kehamilan karena dapat membantu penyerapan kalsium sehingga meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Suplemen vitamin D yang direkomendasikan adalah 10mg per hari, termasuk juga sinar matahari, telur, ikan dan daging.

Rekomendasi Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi maka disarankan untuk menghindari jenis makanan yang bisa memicu resiko alergi, seperti misalnya kacang atau makanan yang mengandung kacang untuk mengurangi resiko bayi mengalami alergi.

Baca Juga Tips Diet Sehat Berikut: 
  1. Panduan Mendapatkan Berat Badan Ideal 
  2. Penduan Mengecilkan Lengan Secara Alami 
  3. Penduan Mengecilkan Betis Secara Alami 
  4. Penduan Mengecilkan Perut Secara Alami 
  5. Penduan Mengecilkan Paha Secara Alami

Contoh Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Sarapan: roti gandum, telur dadar, segelas jus jeruk.
Selingan pagi : bubur kacang hijau
Makan siang: nasi, semur ayam, sayur bayam, tempe goreng, buah semangka
Selingan sore: ubi jalar rebus, susu
Makan malam: nasi, ikan, tahu goreng, cah kangkung, buah apel
Malam sebelum tidur: segelas susu

Untuk menu diet sehat, Anda bisa mengkombinasikan jenis makanan yang mengandung gizi seimbang dalam menu yang lebih bervariasi agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.